VISI DAN MISI

A.     Visi

“BERIMAN, BERAKHLAK MULIA, UNGGUL DALAM MUTU, PEDULI LINGKUNGAN DAN BERWAWASAN GLOBAL”

Indikator Visi

  1. Beriman

Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila  yaitu pelajar yang  :

  1. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa
    1. Taat melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
  2. Berakhlak Mulia
  3. Terwujudnya warga sekolah yang :
    1. Berakhlak mulia
    1. Mandiri
    1. Bernalar Kritis
    1. Kreatif
    1. Bergotong-royong, dan
    1. Berkebinekaan global
  4. Berinteraksi dan komunikasi baik dengan semua warga sekolah dan luar sekolah
  5. Berbudaya 5 S : Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun di lingkungan sekolah dan luar sekolah
  6. Unggul Dalam Mutu
  7. Unggul dalam manajemen sekolah
  8. Unggul dalam mutu/prestasi akademi
  9. Unggul dalam mutu/prestasi non akademik
  10. Terampil dalam karya
  11. Peduli Lingkungan
  12. Peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup/biotik di sekolah
  13. Peduli terhadap kelestarian lingkungan tak hidup/abiotik di sekolah
  14. Berbudaya 6 K : Kebersihan, Kerapihan, Keindahan, Keamanan, Kekeluargaan
  15. Peduli kelestarian lingkungan di sekolah dan di masyarakat sekitar.
  16. Berwawasan Global
    1. Berbasis karakteristik ilmiah
    1. Terwujudnya pendidikan berwawasan global
    1. Terwujudnya pendidikan yang mengembangkan keterampilan abad 21

B.     Misi

  1. Beriman
  2. Meyakini /percaya  kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
  4. Menghormati pemeluk agama lain.
  • Berakhlak Mulia

a.      Melaksanakan pembiasaan yang menumbuh kembangkan perilaku yang mencerminkan profil pelajar pancasila

b.     Melaksanakan kegiatan yang mendorong pengamalan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa

c.      Menjalin hubungan baik dan kerjasama dengan stakeholder sekolah

d.     Melaksanakan pembiasaan dan kegiatan yang menerapkan budaya 5S

 

  • Unggul Dalam Mutu
  • Memberdayakan semua sumber daya untuk meningkatkan akreditasi sekolah.
  • Mengaktifkan kegiatan MGMP sekolah untuk forum diskusi dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan penilaian.
  • Mengikuti pendidikan dan atau pelatihan yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu untuk dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan, dan wawasan guru agar lebih profesional.
  • Melaksanakan Kurikulum Operasional Satuan Pendiikan yang menetapkan : Standar Kompetensi Lulusan, Kriterian Ketuntasan Belajar, Kriteria Kenaikan Kelas , Kriteria Kelulusan.
  • Melaksanakan pembelajaran sesuai standar proses dengan metode dan taknik yang bevariasi
  • Memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler pilihan berdasarkan minat dan potensi peserta didik dalam segala bidang
  • Mengikuti lomba, kejuaraan bidang akademik berjengjang dari tingkat kecamatan sampai tingkat nasional.
  • Mengikuti lomba, kejuaraan bidang non akademik berjengjang dari tingkat kecamatan sampai tingkat nasional.
  • Melaksanakan pembelajaran berbasis proyek yang mengembangkan ketrampilan dan mengembangkan profil pelajar Pancasila
    • Peduli Lingkungan
  • Melaksanakan kegiatan dan pembiasaan peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup/biotik di sekolah
  • Melaksanakan kegiatan dan pembiasaan peduli terhadap kelestarian lingkungan tak hidup/abiotik di sekolah
  • Melaksanakan budaya 6 K:

Kebersihan, Kerapihan, Keindahan, Keamanan, Kekeluargaan

  • Melaksanakan kegiatan insidental peduli kelestarian lingkungan di sekolah dan di masyrakat sekitar.
  • Berwawasan Global
  • Melaksanakan pembelajaran yang berbasis karakteistik ilmiah
  • Melaksakan  pendidikan berwawasan global
  • Mewujudkan pendidikan yang. mengembangkan keterampilan abad 21